AD (728x60)

Featured Post (TOP)

Flickr Images

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blog Archive

Subscribe Via Email

Sign up for our newsletter, and well send you news and tutorials on web design, coding, business, and more! You'll also receive these great gifts:

Hyper Threading adalah

Share & Comment

Sering mendengar kata HT atau biasa disebut Hyper Threading? Apa itu Hyper Threading?

Hyper Threading merupakan pengembangan teknologi prosesor untuk memproses beberapa pekerjaan atau tugas sekaligus, sehingga pemrosesan berjalan lebih cepat dan memperpendek waktu kerja. Teknologi hyper-threadingmampu meningkatkan performa prosesor hingga 40 %, bahkan dari beberapa sumber menjelaskan dapat meningkatkan kemampuan proses kerja hingga dua kali lipat. Dengan dua buah prosesor yang dikenali oleh sistem operasi, maka kerja sistem dalam melakukan eksekusi setiap thread pun akan lebih efisien, mengapa demikian? karena meskipun sistem-sistem operasi tersebut bersifat multitasking, sistem-sistem operasi tersebut akan tetap mengeksekusi terhadap proses secara sekuensial (berurutan), dengan sebuah algoritma antrean yang disebut dengan dispatching algorithm.

Teknologi ini diperkenalkan pada bulan Maret 2002 dan mulanya hanya digunakan pada prosesor Xeon (Prestonia). Namun tidak digunakan pada generasi prosesor Pentium M berbasis core, Merom, Conroe dan Woodcrest.

Dan perlu diketahui jugabahwa fungsi hyper-threading tersebut hanya bisa bekerja secara optimal jika didukung oleh sistem operasi yang sesuai, misalkanWindows XP. Selain bergantung pada kecocokansistem operasi, juga bergantung pada aplikasi software yang digunakan, kemudian chipset yang digunakan pada motherboard dan bahkan BIOS untuk mengatur aktif tidaknya fungsi Hyper Threading dari BIOS.

Dikutip dari wikipedia, Chipset motherboard yang mendukung teknologi Intel Hyper-Threading adalah Intel 845PE, Intel 865, Intel 875P, Intel 915, Intel 920, Intel 945, Intel 950, Intel 965 dan Intel 975. Adapun Sistem operasi yang mendukung banyak prosesor seperti Windows 2000, Windows XP, serta GNU/Linux versi 2.4.18 ke atas. Pada sistem yang mendukung, sebagai contoh, Device Manager Windows XP akan menampilkan 2 buah prosesor dengan spesifikasi yang sama.
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Posting Komentar

 
@2014 | Shared by Waytemplates